PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA TINGKAT NASIONAL (POMNAS)

Perguruan Tinggi sebagai institusi PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA TINGKAT NASIONAL (POMNAS)...pendidikan berkewajiban bukan saja mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, akan tetapi juga berkewajiban menyiapkan mahasiswa menjadi calon pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kecerdasan yang menyeluruh, baik intelektual, emosional, sosial, spiritual dan fisikal. Olahraga merupakan salah satu medium pendidikan yang mampu memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai yang diperlukan dalam kehidupan sebagai calon pemimpin masa depan. Kegiatan olahraga yang kompetitif akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk pengembangan kepribadian berkarakter yang mengandung nilai-nilai kecerdasan, ketrampilan, pengendalian emosional, disiplin, sportivitas, demokrasi, persatuan dan kesatuan, serta perdamaian.
Berdasarkan umur mahasiswa bahwa usia mereka merupakan "golden age" untuk meraih prestasi yang terbaik di bidang olahraga, oleh karena itu perlu adanya kesempatan bagi mereka untuk membentuk kepribadian yang berkarakter, sekaligus untuk meningkatkan prestasinya. Selain itu, diperlukan juga adanya koordinasi di antara pembina atau pendamping/pembimbing kemahasiswaan dalam pengembangan olahraga kampus. Dengan dilatarbelakangi hal-hal tersebut di atas, maka dirasakan perlu diselenggarakan kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNas).
Tujuan dan sasaran penyelenggaraan POMNas adalah untuk:
  1. Meningkatkan daya saing bangsa melalui kegiatan kemahasiswaan di bidang olahraga. 
  2. Menjalin persahabatan antar mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia sebagai upaya untuk memperkuat rasa persatuan sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Penyelenggaraan kegiatan POMNas ini adalah setiap 2 tahun sekali. POMNas pertama diselenggarakan pada tahun 1990 di Yogyakarta. Berikut adalah daftar tahun penyelenggaraan dan tuan rumah POMNas:

 
No   Kegiatan         Tahun        Tuan Rumah
1.    POMNas I        1990           Yogyakarta
2.    POMNas II       1992           Surabaya

3.    POMNas III      1994           Medan
4.    POMNas IV      1996            Makassar
5.    POMNas V       1998            Kalimantan Timur
6.    POMNas VI      2000           
7.    POMNas VII     2001            Denpasar
8.    POMNas VIII    2003            Pekanbaru
9.    POMNas IX      2005            Bandung
10.  POMNAs X       2007            Banjarmasin
11.  POMNas XI      2009            Palembang
12. POMNas XII       2011           Batam (Kepri)

Untuk POMNas berikutnya, POMNas ke XII, yang akan diselenggarakan pada tahun 2011, direncanakan diadakan di Provinsi Kepulauan Riau. Menurut hasil kesepakatan dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (RAKORNAS BAPOMI) di Nagoya Batam pada tanggal 8-9 April 2010, ada 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada POMNas XII nanti, yaitu: Atletik, Pencak Silat, Renang, Futsal, Karate, Sepak Takraw, Bulutangkis, Catur, Basket, dan Bola Voli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembinaan Karakter Mahasiswa & Hibah Mahasiswa

LOWONGAN KERJA PT DANKOS FARMA